Langsung ke konten utama

Hari kedua : Main yuk!

Magelang, 6 Juli 2019

sfx: Bookk... (bukan buku,ok sip)
kalau kalian bingung itu suara apa, itu suara kepalaku yang mengenai lemari di sebelah kasurku, karena Nayra menampar wajahku saat kami berdua sedang tidur. tepat sekali saat itu sedang adzan subuh, aku membangunkan Nayra, tapi ia tertidur sangat pulas, jadinya aku beribadah sendirian. jiwaku masih mengantuk, dan pastinyaa sehabis beribadah aku melanjutkan mimpiku, yang sebenarnya tidak indah-indah banget. karena aku bermimpi aku sedang Ujian Nasional dan tiba-tiba komputerku mati, sedangkan siswa yang lain masih menyala:(

one more fact about me: aku susah dibangunin.

aku dan Nayra bangun sekitar jam 7 an, lalu kami bergegas mandi dan sarapan sejenak. lalu kami berdua bersama bu Sri dan Syifa menuju perkebunan milik bu Sri untuk memetik Tomat. bentuk tomat-nya lebih kecil dibandingkan tomat yang biasa kulihat saat di pasar. kami berhasil mengumpulkan tomat sekitar satu karung! lalu tomat-tomat tersebut di tinggalkan oleh bu Sri di pinggir kebun miliknya untuk diambil oleh pak Budi. lalu aku dan Nayra mengumpulkan bunga liar yang biasa tumbuh dimanapun, hanya iseng saja sih, hehe.


sebenarnya kami mengumpulkan bunga beraneka warna, dan sempat meracangnya menjadi buket bunga mini yang sangat mini, tapi aku buang karena sudah layu juga bunga liarnya,hehe.

Main kuy!!

kami berdua (aku dan Nayra) mengunjungi rumah Angel, yaitu tempat tinggal sementara Rania dan Fefe. kami berbincang-bincang bersama dan sedikit nggosip pastinya. setelah cukup lama bebincang, kami sepakat menuju sanggar dan bermain kartu UNO bersama teman-teman yang lainnya. Bagas membagikan kartunya tapi tidak dengan cara yang benar dan tidak adil. akhirnya aku yang membagikan kartunya dan kami bermain bersama.


setelah cukup lama kami bermain, kakak-kakak dari Jaladwara datang dan mengajak kami berserta teman-teman dari Dusun Sumber untuk bermain permainan kartu yang bernama "Kakak Teladan" yang membutuhkan pemain sekitar 8 orang saja. sebagian yang lain bermain "Tepuk Nyamuk".

Kakak Teladan adalah permainan yang simpel, tapi membutuhkan daya ingat yang baik. karena nama benda di kartu dengan gambar-nya tidak sama, yang malah sedikit 'menyesatkan' aku kerap terbalik-balik saat menyebutkan nama benda di kartu-kartu itu.


aku menyerah, aku mudah pikun kalau disuruh mengingat sesuatu. aku pindah ke kelompok sebelah, yaitu bermain Tepuk Nyamuk. sehabis bermain, tanganku sedikit merah karena tepukan dari teman-teman, tapi rasanya seru sekali~

Membuat Mind Map~

setelah rampung bermain dengan kartu, kami mendapat tugas untuk merancang mind map. salah satu anggota dari kelompok masing-masing ditugaskan untuk mengambil kertas berisikan tema yang harus dibuat menjadi kumpulan pertanyaan. kelompok kami mendapatkan tema "Pangan". kami membuat poin-poin yang berkaitan dengan tema kami, yang nantinya akan dikembangkan menjadi pertanyaan. 



maafkan kaki-ku yang petakilan ini

setelah lumayan lengkap informasi-nya, salah dua dari kami memberanikan maju kedepan untuk
presentasi, yaitu Brian dan Rakka. selain kami, kelompok lain juga mempresentasikan hasil kerja kelompok mereka.

Brian dan Rakka

Brian dan Rakka

Syams dan Bagas

Wildan dan Leon

Nara dan Fatih

Bermain Permainan Tradisional

Aku kembali ke rumah untuk mengambil botol minumku, saat ingin kembali ke sanggar, Sherel, Fefe, dan Rania menyuruhku untuk balik arah karena kami semua akan bermain di Lapangan Voly. kami dibimbing oleh kak Gallant dalam permainan "Salah Benar", mainnya susah banget, soalnya sering tidak konsentrasi. sebenarnya saat aku mendengar nama-nya kak Gallant seperti familiar, karena salah satu kakak kelas-ku di SMP namanya juga Gallant, bedanya kakak kelasku itu laki-laki.

setelah penat bermain "Salah Benar", kami dibimbing lagi oleh kak Gallant untuk bermain "Bentengan". ditengah-tengah bermain, aku terdorong oleh salah satu lawan. karena aku terlalu kurus, jadi mudah terpental gitu:( selesai bermain kuku ibu jari kaki kiri-ku patah dan luka hingga berdarah, tapi karena aku petakilan dan tidak penurut, aku tetap bermain hingga lukaku tertutupi pasir. tapi aku merasa sangat senang, karena jarang sekali aku bermain permainan seperti ini di kota.



Bakwan Kimpul? apa itu?

Eits, kalau kalian masih berpikir bahwa Bakwan Kimpul seperti Bakwan biasanya yang berisikan sayur dan micin saja, kali ini kamu salah. Bakwan Kimpul lebih sederhana, tapi istimewa. kali ini kami mendapatkan kawan baru untuk diajak berkerja sama memasak Bakwan Kimpul, yaitu Fefe. kami berlima bersama Kak Inu dan Kak Shanty berjalan kaki menuju tempat pembuatan Bakwan Kimpul, yaitu Warung Gorengan Bu Murni. 

Bahan - bahan :

- Kimpul (Bisa diganti Talas)
- Santan
- Air
- Garam
- Duo bawang (Bawang Putih & Merah)
- Tepung Terigu

Oh iya, saat memasuki dapur, aku tidak melihat kalau ada tangga jadi aku terjatuh, syukurlah tidak ada yang pecah ataupun barang yang jatuh. setelah bahan-bahan terkumpul, kami mengupas bawang dan kimpul. aku terlalu takut saat Brian mengupas Kimpulnya, ngawur buanget pokoknya, sampai-sampai tanganku luka sendiri karena malah fokus ke tangan Brian. kami menggoreng Bakwannya, bahkan ada caranya sendiri dalam memasak Bakwan Kimpul!
ambil sekiranya setengah sendok nasi (aku nggak tahu namanya) lalu taruh adonannya di pinggiran wajan lalu pipihkan, tunggu agak kering lalu masukkan ke dalam minyak panas hingga agak kecoklatan. 






setelah itu kami kembali ke sanggar, kami kaget karena kami yang paling lama. setelah itu kami ishoma di rumah masing-masing dan membersihkan diri. malamnya kami kembali ke sanggar untuk presentasi bagaimana kami memasak Bakwan Kimpul, kami pun melakukan refleksi bersama kakak-kakak dan kami membuat logbook harian masing-masing.


Photos : © Jaladwara Wisata Arkeologi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rahasia Di Balik Gambar 2

9 juni lalu adalah hari terakhir kami bersua di Kelas Dasar. sedih sih kalau diingatnya begitu. di sesi kali ini adalah sesi paling seru diantara sesi lainnya. mengapa? karena di sesi inilah kami saling beradu opini dan menyanggah opini lainnya. deskripsi foto 1:  seubah kapal dibakar bersamaan dengan kertas berwarna putih kekuningan dan terdapat klenteng di belakang yang menandakan lokasi opini:  awalnya pendapatku sama dengan Sherel, upacara kremasi. tetapi, menurut sepengetahuanku, jenazah akan dimasukkan ke peti mati dan dibakar di ruangan kremasi, bukan di kapal. lalu hana berpendapat jika itu merupakan pembakaran kapal yang sudah jelek dan tua. menurutku, kapal itu tergolong bagus dan malah keren, seperti kapal yang digunakan di abad-16 an. lalu aku sempat berpikir apakah itu merupakan acara imlek, karena kertasnya mirip dengan kertas 'uang'. lalu aku berpikir lagi dan akhirnya memilih festival tionghoa. deskripsi foto 2: kerangka bawah kapal yang ter

Eksplorasi Pandemik Online, seperti apa sih?

Hai, apa kabar? Bagaimana hari-harimu saat social distancing? for me, it's exhausting, apalagi self-quarantineku dipenuhi USBN dan PPU. Padahal dari kecil aku menantikan hari-hari tanpa keluar rumah sama sekali, membaca buku atau bermain gim seharian penuh. Aku selalu menantikan waktu untuk bisa bergadang dan menghabiskan waktu di ranjang empuk sembari nyemil dan menonton drama korea atau cina,wkwk. Senin lalu,13 April 2020. Aku mengikuti sebuah eksplorasi daring dari GARASI. Nama event-nya Eksplorasi Pandemik. Aku nggak nyangka akan mudah dan sangat asyik, haha.   Kupikir aku akan disuruh membuat infografis atau semacamnya. Mungkin karena aku bisa bersosialisasi kembali dengan orang yang tak kukenal, walau dalam jaringan, itu sangat menyenangkan. Ternyata kami akan menjadi agen yang memiliki nomor rahasia masing-masing. kupikir, "what? turns out this is a game, i thought it would be serious,haha." Kami akan menelepon agen rahasia lain dan bertukan nomor rahasia, s

Rahasia di Balik Gambar

Hai, apa kabar? 5 Juni lalu, adalah hari ulang tahunku yang ke-15! dan juga hari dimana aku mendapatkan pengalaman baru~ hari itu, aku mengikuti sebuah kegiatan yang bernama Rahasia di Balik Gambar, yang diadakan oleh Jaladwara secara daring lewat Jitsi Meet. Aku sudah mengikuti kegeiatan ini di kelas yang gratis sebelumnya, dan aku lupa untuk membuat blog tentangnya. Dan sebelum ini, ada sesi kelas yang seharusnya ku ikuti, dan aku melupakannya karena aku lupa menandainya di Google kalenderku. dan kali inipun aku agak telat untuk menulis blog tentangkegiatannya. but beside of that, ini merupakan pengalaman yang sangat keren!! aku mendapatkan teman baru dan juga pengalaman yang baru. walaupun diawal aku sangat grogi, tetapi ini sangat asyik. Foto pertama : deskripsi: orang beramai-ramai di sungai dengan jaring dan bambu, serta sekumpulan orang di dekat jembatan. opini: aku berpendapat bahwa itu adalah festival yang diadakan di sebuah desa dan mereka beramai ramai menangkap